Astronom Temukan Planet Dengan Dua Matahari

Dalam salah salah satu episode Star Wars, Luke Skywalker menatap ke kejauhan sambil berjalan di Tatooine, sebuah planet dengan dua matahari. Dan setelah lebih dari tiga dekade film tersebut diputar, para astronom menemukan planet dengan kondisi serupa pada kehidupan nyata.

Double sunset: The planet, which is 200 light years away, is orbited by two suns

planet yang berjarak 200 tahun cahaya ini mempunyai dua matahari

 

Planet dingin ini dinamakan Kepler-16b, dan hampir seukuran dengan Saturnus dengan jarak 200 tahun cahaya atau 6 trilllion mil (10 trillion km) jauhnya dari planet kita.

Para peneliti Amerika mendeteksi planet ini dari pesawat ruang angkasa NASA, Kepler, dimana planet ini mengalami dua kali matahari terbenam setiap sorenya.

Menurut Alan Boss dari Carnegie Institution for Science Department of Terrestrial Magnetism. penemuan planet ini adalah sesuatu yang mengagumkan

“Sekali lagi, apa yang dulunya menjadi sebuah fiksi ilmiah telah berubah menjadi kenyataan.” ucapnya.

Bintang biner (dua matahari berputar satu sama lain) telah terlihat sebelumnya, dan astronom telah lama menduga tentang keberadaan planet ini, namun pengamatan Kepler adalah yang pertama mengkonfirmasi hal ini.

Science fiction: The notion of a planet wth two suns may seem familiar - because Luke Skywalker lived on one in Star Wars

Luke Skywalker berjalan di Tatooine, planet gersang yang mempunyai dua matahari, dalam film fiksi ilmiah star wars

 

Misi Kepler adalah untuk menjelajahi bagian dari galaksi Bima Sakti untuk mencari planet yang mirip dengan bumi, pada zona yang bisa dihuni yang jaraknya tidak terlalu dekat atau terlalu jauh dari bintang dimana mereka mengorbit.

Karena kedua matahari yang lebih kecil dan lebih dingin dari matahari kita, suhu planet Kepler-16b sangatlah dingin, dengan suhu permukaan sekitar minus 100 sampai minus 150 Fahrenheit (minus 73 sampai minus 101 Celcius).

 

 

Extraordinary: An artist's illustration of Kepler-16b, the first planet known to orbit two stars

Sedangkan dalam ukuran dan massa Kepler-16b mirip dengan Saturnus, dimana planet raksasa tersebut mengorbit kedua mataharinya setiap 229 hari pada jarak 65 juta mil (104.600.000 km). Itu kira-kira jarak yang sama dengan orbit Venus, dibandingkan dengan 365 hari orbit Bumi mengelilingi matahari pada jarak sekitar 93 juta mil (149.700.000 km).

 

Sumber
Klik Unic

Posted on 16/09/2011, in Unik Aneh and tagged , , , . Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: