Lima Rahasia Doa Terkabul

Dalam Alquran, Allah menjelaskan bahwa setiap doa kita pasti akan dikabulkan oleh Allah SWT. Sebagaimana dijamin dalam firman-Nya yang artinya,

“Dan apabila hamba-hamba-Ku bertanya kepadamu (Muhammad) tentang Aku, maka sesungguhnya Aku dekat. Aku kabulkan permohonan orang yang berdoa apabila dia berdoa kepada-Ku. Hendaklah mereka itu memenuhi (perintah)-Ku dan beriman kepada-Ku, agar mereka memperoleh kebenaran”. (QS. Al-Baqarah : 186)

Dalam ayat lain diperjelas,

“Dan Tuhan-mu berfirman, ‘Berdoalah kepada-Ku, niscaya akan Aku perkenankan bagimu. Sesungguhnya orang-orang yang sombong tidak mau menyembah-Ku akan masuk neraka Jahanam dalam keadaan hina dina.'” (QS. Al-Ghafir :60)

Tapi mengapa masih ada keraguan, agar tidak ragu bahwa doa kita dikabulkan oleh Allah SWT, berikut lima rahasia doa kita terkabul:

1. Ikhlas

“Maka, sembahlah Allah dengan memurnikan ibadah kepada-Nya, meskipun orang-orang kafir tidak menyukainya.” (Al-Mu’min : 14)

Dari ayat ini kita dianjurkan untuk memperbaiki niat ibadah dan hati kita haruslah ikhlas. Jika hati kita semakin bersih dengan sesuatu yang selain allah, seperti kepentingan dunia dan isinya, maka kita akan semakin dekat dengan Allah. Jika semakin dekat dengan Allah, doa kita pasti dikabulkan. Jika ingin doa kita dikabulkan energi yang kita pakai untuk berdoa berasal dari makanan yang halal. Sebab Allah itu baik dan hanya menerima sesuatu yang baik.

Dari Abi Hurairah ra berkata: RAsulullah SAW bersabda: Wahai sekalian manusia!, sesungguhnya Allah memerintahkan kepada orang-orang yang beriman apa yang di perintahkan kepada rasul

2. Ikuti Sunah Rasul

Allah berfirman, “… Dan ikutilah dia, supaya kamu mendapat petunjuk.” (Al-A’raf : 158)

Artinya, dalam berdoa ikutilah cara Rasulullah berdoa. Yakni berdoa dengan suara yang lembut, berdoa yang baik-baik, berdoa saat sedang sujud dan lain sebagainya

Selain berdoa sesuai cara Nabi, berdoalah dengan doa yang diajarkan oleh Rasulullah SAW. Hati-hati dengan doa yang mengada-ada dan tidak ada tuntutannya. Jika memang tidak bisa berdoa dengan bahasa arab atau asal bahasa arab tapi tidak tahu dalil dan maksudnya, maka sebaiknya berdoa dengan bahasa yang mudah di pahami saja. Insya Allah semua itu dibenarkan.


3. Yakin Kepada Allah

Diantara hal yang bisa menumbuhkan kepercayaan seorang mukmin kepada Rabbnya adalah dia mengetahui bahwa segala perbendaharaan kebajikan dan keberkahan itu ada di sisi Allah.

Abu Hurairah ra., menuturkan bahwa Nabi SAW bersabda: Berdoalah kalian kepada Allah dengan meyakini bahwa Allah akan mengabulkan doa kalian.

4. Hati Khusyuk

Allah berfirman, “Sesungguhnya, mereka adalah orang-orang yang selalu bersegera dalam (mengerjakan) perbuatan-perbuatan yang baik dan mereka berdoa kepada Kami dengan harap dan cemas, dan mereka adalah orang-orang yang khusyuk kepada Kami.”(QS. Al-Anbiya : 90)

Artinya, dalam berdoa hati kita harus sambung dengan Allah. Kita berdoa benar-benar tertata, dengan niat yang kuat, sungguh-sungguh dan penuh harap kepada Allah SWT
Ketika berdoa hati kita hadir, hati menghadap kepada Allah dengan penuh kekhusyuan dan ketenangan. Ketika berdoa kita harus yakin kalau doa kita akan di kabulkan.

Dari Abu Hurairah ra berkata : Rasulullah SAW bersabda: Berdoalah kepada Allah dan yakinlah bahwa doa kalian dikabulkan oleh Allah, dan ketahuilah bahwa Allah tidak menerima doa orang yang hatinya lalai dan lupa.”

5. Niat Yang Kuat

Niat yang kuat, teguh pendirian, dan bersungguh-sungguh dalam berdoa adalah kunci doa terkabul, Anas ra menuturkan bahwa Rasulullah SAW bersabda: “Jika salah seorang dari kalian berdoa, hendaklah dia berdoa dengan sungguh-sungguh dan janganlah dia mengucapkan, “YA Allah berilah aku, jika Engkau mau.” sebab tidak ada yang bisa memaksa Allah.”

Mudah-mudahan dengan keimanan, kesungguhan hati setiap doa kita dikabulkan oleh Allah SWT

sumber

Posted on 02/10/2011, in Unik Aneh and tagged , , , , , . Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: