Mengenal Jenis-jenis Wayang di Indonesia

Wayang kulit purwa

wayang kulit purwa adalah salah satu wayang yang terbuat dari kulit sapi atau lembu (makanya di sebut wayang kulit ) ,mengisahkan cerita cerita purwa Ramayana dan Mahabharata .diciptakan pertama kali wayang kulit oleh Sunan Kalijaga sebagai sarana dakwah Agama Islam

 

Wayang Orang

wayang orang sama definisinya dengan wayang kulit tetapi bedanya sesuai dengan namanya, wayang ini diperankan oleh Orang atau Wong

 

Wayang Golek

wayang golek terbuat dari kayu .biasanya kayu yang dipakai adalah kayu mahoni .wayang golek banyak di gunakan dalam beberapa cerita .diantaranya wayang golek purwa yang menceritakan tentang epos Ramayana dan Mahabharata ,wayang golek lenong betawi yang menceritakan tentang betawi ,misalnya si manis jembatan ancol atau si jampang jago betawi .

 

Wayang Suluh

wayang suluh adalah wayang yang menceritakan tentang penyuluhan kepada rakyat atau berisi sindiran kepada pejabat atau pemerintah

 

Wayang Wahyu

wayang wahyu menceritakan tentang alkitab atau bibel .wayang ini di ciptakan pertama kali oleh Pdt.Bruder Tometheos ,terbuat dari kulit sapi atau lembu

 

Wayang beber

wayang beber pada zaman sekarang telah punah di telan zaman.wayang ini terbuat dari kain gulungan ,lalu dalang membuka gulungan ,menancapkannya dan menceritakan adegan di gulungan tersebut

 

Wayang Krucil 

Wayang krucil atau disebut juga wayang klithik ,karena jika dimainkan akan menghasilkan bunyi klik .. tik .. klik .. tik ..  .wayang ini konon adalah kimpoi silang wayang kulit dengan wayang golek . wayang krucil terbuat dari kayu tetapi tangan tokohnya terbuat dari kulit sapi atau lembu .wayang ini mengisahkan tentang Panji dan Damarwulan .

 

Wayang Madya

Wayang Madya adalah penerus cerita dari wayang Purwa ,di ceritakan dalam Wayang purwa bahwa Yudhistira memenangkan perang melawan Duryodhana dan mendapatakan kembali haknya sebagai Raja di kerajaan Hastinapura ,lalu Yudhistira dan kelima Pandawa memilih untuk mendaki Gunung Himalaya untuk mencari jati diri mereka .Yang menggantikan Yudhistira adalah Cucu Pandawa yang lahir dari rahim Dewi Utari dengan suami yaitu Raden Abimanyu putra Arjuna(ketiga Pandawa) ,nah Wayang Madya menceritakan kehidupan Raja-raja Hastinapura setelah Yudhistira ,yaitu Parikesit ,Janamejaya ,Aswamedhadhatta ,etc.

 

Wayang Gedog

Kata “ Gedog “dalam wayang ini belum dapat ditafsirkan secara pasti, namun kata gedog dalam bahasa kawi berarti kuda, sedangkan gedogan dalam bahasa Jawa adalah kandang kuda, ada pula yang menafsirkan suara “dog – dog” ketukan dari dalang pada kotak wayang. Wayang Gedog menceritakan tentang perjalanan Raden Panji yang diambil dari lakon kerajaan Kediri, Singasari, Ngurawan dan Jenggala dengan lawannya Klana dari Bali dan dibantu tentara dari Bugis .Wayang Gedog diciptakan oleh Sunan Giri .

 

Wayang Bali

Wayang Bali tidak jauh berbeda dengan Wayang Purwa di Jawa ,ya bedanya hanya di cerita dan asal-muasal wayangnya .wayang bali menceritakan wayang lebih ke versi aslinya di India karena mayoritas penduduk bali adalah pemeluk agama Hindu dan asal muasal wayang Bali dari Bali

 

Wayang Golek Lenong Betawi

Bahan dasar sama seperti wayang golek tetapi berbeda di cerita , wayang golek lenong betawi menceritakan tentang cerita lenong seperti si Manis jembatan Ancol , Si Pitung , etc . Wayang Golek Lenong Betawi ini hasil pemikiran dan karya Tizar Purbaya pada tahun 2001. hal ini di ciptakan untuk menambah hasil karya seni khususnya kesenian Betawi, diharapkan mendapat perhatian masyarakat luas dan menjadi tuan rumah di tempatnya sendiri (Provinsi DKI Jakarta). Wayang Golek Lenong Betawi merupakan gambaran masyarakat Betawi pada masa tempo dulu dan pernah di pentaskan di beberapa tempat. Tizar Purbaya selain Dalang Wayang Golek Sunda juga berprofesi sebagai pengrajin wayang.

 

Wayang Suket

Wayang suket merupakan bentuk tiruan dari berbagai figur wayang kulit yang terbuat dari rumput (bahasa Jawa: suket). Wayang suket biasanya dibuat sebagai alat permainan atau penyampaian cerita perwayangan pada anak-anak di desa-desa Jawa.
Untuk membuatnya, beberapa helai daun rerumputan dijalin lalu dirangkai (dengan melipat) membentuk figur serupa wayang kulit. Karena bahannya, wayang suket biasanya tidak bertahan lama.
Seniman asal Tegal, Slamet Gundono, dikenal sebagai tokoh yang berusaha mengangkat wayang suket pada tingkat pertunjukan panggung.

 

Wayang Cirebon

Diperkirakan Wayang Kulit Cirebon mendapat pengaruh langsung dari Demak ketika para Wali Songo masih hidup. Bentuk tatahan halus, warna cat kehijauan, sedang ciri khasnya adalah pakaian. Batara Narada, Batara Kala tidak memakai baju atau telanjang dada, tidak seperti wayang kulit Purwa dari Surakarta dan Yogyakarta, dimana para Dewa memakai baju. Wayang Cirebon, pakem wayang ini mengambil ceritera dari kitab Mahabharata dan Ramayana yang telah diperbarui dan disesuaikan dengan dasar-dasar agama Islam oleh Sunan Panggung (Sunan Kalijaga). Tokoh Punakawan disini menjadi 9 orang, yaitu : Semar, Gareng, Dawala, Bagong, Curis, Witorata, Ceblek, Cingkring, dan Bagol Buntung (melambangkan jumlah 9 wali yang ada dalam menjalankan dakwah Islamiyah.

 

Wayang Banjar

Wayang Banjar ini diperkirakan dari zaman kesultanan Demak pada abad ke-16 Masehi. Wayang Banjar dikenal oleh suku Banjar, di daerah Kalimantan Selatan, Tengah, dan Timur. Bentuk wayang kulit ini tidak jauh berbeda dengan wayang kulit Purwa, hanya kulitnya dari kulit lembu (sapi) dan pewarnaannya dari cat minyak / kayu, seperti misalnya cat glotek sebagai bahan pewarna yang utama. Tangkai dari wayang ini terbuat dari bambu.

 

Wayang OVJ (Opera van Java)

OVJ .. hmm siapa yang ga kenal OVJ atau Opera van Java . OVJ juga termasuk wayang lho .dia termasuknya wayang kabaret .
Bermula dari tayang seminggu sekali, lalu meningkat seminggu dua kali, kini program komedi Opera Van Java (OVJ) muncul lima kali dalam sepekan. Itu menandakan acara milik Trans7 tersebut makin digemari pemirsa.


sumber

Posted on 02/02/2012, in Unik Aneh and tagged , , , , , . Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: