10 Posisi Ber-Gaji Paling Tinggi Di Industri FILM

Jika kita beranggapan bahwa pekerja Industri film Hollywod adalah kelompok orang kaya dan ber-glamour, maka setelah melihat data dibawah ini, mungkin anda akan punya pendapat lain tentang pendapatan mereka.

Ini bisa saja menjadi bahan pertimbangan buat anda yang ingin terjun kedunia Film/Sinetron/TV, posisi apa saja yang banyak dicari dan diburu orang yang berkaitan dengan dunia industri film.

Saya akan tampilkan 10 Posisi berpenghasilan terbaik di bidang Industri Film di Hollywood, USA. Posisi apakah itu, Cekidot :

1. Talent Agent

Anda tidak akan pernah melihat agen bakat di sampul Vanity Fair atau Forbes, tetapi dia hanya bekerja di belakang layar untuk membuat kesepakatan agar menghasilkan/memastikan film terbaik dan personal yang bekerja profesional.

Peran agen bakat adalah bekerja mencakup semua hal di film. Agen menemukan script untuk aktor atau director untuk dibaca. Mereka juga belanja “headshots” klien mereka, gulungan film, dan skrip asli untuk studio dan perusahaan produksi independen di seluruh negeri.

Mereka bernegosiasi gaji dan bagi hasil kesepakatan dengan studio film dan perusahaan distribusi. Mereka juga harus menemukan peluang promosi dan sponsor ekstra untuk klien mereka, entah itu menempatkan wajah mereka pada kampanye parfum atau shooting iklan untuk minuman ringan dll. Mereka memastikan klien mereka dipesan di kamar hotel yang tepat, penerbangan pesawat yang tepat dan memiliki semua makanan favorit mereka dan musik dan pakaian ketika mereka tiba.

Bakat agen untuk para aktor utama, sutradara dan produser di Hollywood terkonsentrasi di beberapa lembaga seperti CAA, United Artist dan ICM [sumber: Gimbel / contoh di Amerika]. Agen bakat biasanya menerima 10 persen dari pendapatan klien mereka di bawah kontrak khusus untuk proyek film. Jika klien Anda menarik di puluhan bahkan ratusan juta dolar setahun, maka Anda hanya duduk cantik dan manis saja untuk menghitung pendapatan seorang Agen Bakat. Biro Statistik Tenaga Kerja memperkirakan bahwa gaji rata-rata tahunan untuk agen bakat adalah $ 178.340 – lebih dari gaji tahunan rata-rata untuk pekerjaan industri film lainnya pada tahun 2010 [sumber: Biro Statistik Tenaga Kerja].

2. Multimedia Artists and Animators

Luangkan waktu untuk melihat sekilas lima film paling sukses sepanjang masa:

1. Avatar (2009) – $ 2800000000
2. Titanic (1997) – $ 1800000000
3. Harry Potter and the Deathly Hallows, Bagian 2 (2011) – $ 1300000000
4. Transformers: Dark of the Moon (2011) – $ 1100000000
5. The Lord of the Rings: The Return of the King (2003) – $ 1100000000 [sumber: BoxOfficeMojo].

Apa mereka memiliki kesamaan? Dimulai dengan Titanic pada tahun 1997, film yang paling sukses di dunia semua bidikan/shoot dengan tehnologi digital yang disempurnakan, animasi komputer dunia. Animasi dan digital efek studio seperti Disney milik Pixar dan Industrial Light George Lucas dan Magic (ILM) mempekerjakan tim seniman berbakat dan animator untuk menciptakan karakter sepenuhnya terwujud dan pengaturan yang rumit dari awal.

Seniman dan animator bekerja selama proses pra-produksi dan produksi. Seniman tradisional dan kartunis seringkali disewa untuk sketsa ide awal untuk tampilan dari karakter yang berbeda dan pengaturan. Pemahat juga dibawa untuk menciptakan model tanah liat 3D pertama dari karakter, yang kemudian dapat dipindai ke dalam bentuk digital untuk animator. Animator komputer adalah dalang virtual yang dengan susah payah membawa emosi karakter dan dialog ke frame bingkai kehidupan dengan teliti.

Gaji rata-rata tahunan untuk seniman multimedia dan animator di industri film dan video adalah $ 72.380 pada tahun 2010 [sumber: Biro Statistik Tenaga Kerja].

3. Cinematographer and Director of Photography

Sebuah film bisa memiliki skenario paling bertalenta di Hollywood, memiliki director yang paling visioner dan aktor terpanas/laris, tetapi apa yang terpenting adalah cara capturing gambar pada layar. Jika semua kejeniusan yang tidak bisa ditangkap setia pada film, maka proyek ini adalah dipastikan mubazir/sia-sia. Itu sebabnya para pembuat film terbaik berinvestasi dalam sinematografer papan atas.

Peran cinematographer adalah menerjemahkan visi sutradara dan penulis skenario cerita itu ke film atau video. Sinematografer harus memiliki mata yang artistik yang tajam dan penguasaan teknologi dan teknik pemotretan. Para sinematografer dan direktur fotografi (DP) tidak selalu orang yang sama. Pada film yang lebih besar, cinematographer bertanggung jawab untuk komposisi bidikan/shooting dan perencanaan, sedangkan DP mengelola kamera dan kru pencahayaan. DP bertanggung jawab untuk memilih kamera, lensa, dan peralatan lainnya yang diperlukan untuk mendapatkan bidikan/shooting.

Biro Statistik Tenaga Kerja, daftar upah rata-rata tahunan untuk film dan operator kamera video sebagai $ 52.380 pada tahun 2010, tetapi tingkat atas cinematographers dan direksi fotografi bisa mendapatkan jauh lebih angka itu [sumber: Biro Statistik Tenaga Kerja].

4. Construction Manager

Shooting film berbiaya besar seperti membangun sebuah dunia yang dari bawah ke atas. Di dalam soundstages studio besar, tim pembangun seting lokasi, tukang kayu, tukang batu, tukang plester, pelukis, dan bahkan tukang pipa bekerja berjam-jam untuk membangun eksterior dan interior bangunan dan rumah [sumber: SkillSet.org]. Mereka juga membangun tahap-tahap dan struktur yang diperlukan untuk pengambilan gambar efek khusus yang melibatkan aktor. Mengawasi kru besar ini adalah manajer konstruksi.

Manajer konstruksi melaporkan langsung kepada direktur seni dan bekerja sama dengan desainer produksi dan mengatur desainer untuk menciptakan visi yang sesuai dengan keinginan sutradara . Manajer konstruksi harus memiliki kecakapan teknis untuk mendapatkan pekerjaan dan keterampilan manajemen untuk tetap tim besar pekerja tepat waktu dan sesuai anggaran.

Menurut Biro Statistik Tenaga Kerja, gaji rata-rata tahunan untuk kontraktor perdagangan khusus di manajemen konstruksi adalah $ 91.620 pada tahun 2010.

5. Art Director

Art director bekerja dengan Director dan produser untuk membuat sketsa visi secara rinci, Set lokasi dan sekitarnya untuk film. Maka itu tanggung jawab desainer seni untuk membawa visi tersebut ke layar. Direktur seni mengelola sebuah tim besar seperti orang-orang drafting, desainer set, dekorator set, prop master dan manajer set konstruksi.

Art director harus mempunyai manajerial yang efektif dan seniman kreatif, juga mampu membawa dunia fiksi dalam batasan anggaran film itu sendiri. Karena pekerjaan itu memerlukan keterampilan yang sangat khusus , art director hanya berjumlah sekitar 1.870 orang yang bekerja di seluruh film dan industri video. Tapi karena kualitas art director dalam permintaan cukup tinggi , maka mereka bergaji tahunan rata-rata $ 125.010 [sumber: Biro Statistik Tenaga Kerja].

 6. Actors

Aktor membentuk hubungan antara visi sutradara, kata-kata penulis skenario dan penonton. Menjadi seorang aktor memerlukan kesadaran dan kontrol gerakan seseorang dan ekspresi yang dapat diperoleh dari latihan akting secara formal selama bertahun-tahun. Para aktor yang paling sukses, bagaimanapun, terlihat seperti mereka tidak bertindak sama sekali. Mereka menghuni pikiran dan tubuh karakter mereka sepenuhnya.

Sayangnya, aktor tidak bisa mencari nafkah / order film dengan kemaunnya sendiri, mereka harus melewati agensi untuk bisa mendapatkan order/kontrak film. Banyak aktor mengambil pekerjaan ber-bisnis untuk mengisi waktu luangnya jika dia sedang terlibat proyek film / audisi .

Menurut Biro Statistik Tenaga Kerja, upah per jam rata-rata aktor film adalah $ 10.69. Upah minimum untuk aktor SAG adalah $ 782 per hari atau $ 2.713 untuk satu minggu selama lima hari [sumber: Biro Statistik Tenaga Kerja].

Tentu saja, beberapa aktor teratas mendapatkan pendapatannya / kontrak mencapai $ 20 juta untuk satu film.

7. Film and Video Editors

Editor merupakan salah satu orang yang paling penting . Ini pekerjaan tidak biasa untuk seorang Director untuk shooting ratusan jam dengan rekaman yang perlu dipangkas/cut untuk menjadi sebuah film sepanjang 90-menit. Maka diperlukan seorang editor, yang terampil akan memilih adegan dan gambar individu terbaik yang bercerita sesuai dengan visi Director.

Editor menghabiskan hari-hari mereka (hingga larut malam/pagi) di depan konsol monitor komputer, memotong screenshoot detik demi detik dan juga mengedit audio. Proyek film yang lebih besar menggunakan editor yang berbeda, masing-masing dengan tugas tertentu (Editor pemotongan tingkat berat, editor dialog audio, efek audio editor ). Menurut Biro Statistik Tenaga Kerja, gaji tahunan rata-rata di 2010 untuk editor film adalah $ 74.200

8. Screenwriters

Ada beberapa cara yang berbeda seorang penulis skenario untuk terlibat dengan proyek film. Salah satunya adalah dengan menulis naskah dengan lengkap sesuai spesifikasi. Idenya adalah pertama menulis skenario dan kemudian menawarkan skenario kepada agen atau produsen yang mungkin mempekerjakan Anda atau membeli naskah untuk perkembangan selanjutnya.

Penulis skenario yang berpengalaman bahkan tidak harus menulis script. Melalui agen mereka, mereka bisa mendapatkan janji dengan produsen untuk ide sebuah naskah. Produser kemudian dapat memutuskan apakah akan hanya membeli ide atau menyewa penulis skenario untuk menulis naskah.

Beberapa penulis skenario dipekerjakan dalam proses selanjutnya, setelah produser atau director telah mengembangkan ide. Skenario ini mungkin akan diminta untuk ditulis dalam adaptasi dari karya yang ada, seperti sebuah novel atau drama, atau bahkan untuk lebih menarik/menonjol maka penulis skenario bisa dengan menambahkan lelucon lebih atau dialog yang lebih realistis. Pada studio film yang besar, itu tidak jarang bagi sejumlah penulis skenario mendapatkan penghargaan yang sama besar untuk hasil tulisannya.

Beberapa penulis skenario berasal dari seorang dramawan, wartawan, novelis atau penulis profesional lainnya, sementara yang lain langsung masuk menjadi penulis untuk film dan televisi. Ini adalah pekerjaan yang cukup menantang yang diperlukan ketekunan dan koneksi di lingkungan film atau TV.

Biro Statistik Tenaga Kerja menempatkan rata-rata gaji seorang penulis dalam film dan industri video disekitar $ 78.860, tapi itu tidak hal biasa bagi seorang penulis skenario papan atas untuk menerima ratusan ribu, bahkan jutaan dolar untuk satu naskah.

9. Directors

Sutradara mengawasi visi artistik dari sebuah film. Sutradara biasanya tidak terlibat dalam sisi keuangan dari pembuatan film, kecuali mereka memakai beberapa topi sebagai direktur produser sekaligus.

Dalam pra-produksi, sutradara bekerja sama dengan penulis skenario dan produser untuk mencari tahu cara terbaik untuk visual yang mewakili script dan tema-nya. Sutradara yang berpengalaman akan memiliki daftar yang disukai cinematographers, art director, juru kamera, sutradara casting dan bahkan aktor.

Selama syuting, sutradara mengarahkan para aktor agar melakukan akting sesuai dengan skenario dan memastikan juga ekspresi apa yang diperlukan oleh skenario. Dia bekerja dengan sinematografer untuk memastikan bahwa tindakan tersebut sesuai dengan visi dan artistik saat direkam. Dan sutradara memutuskan berapa banyak gambar yang diambil sebelum kru bisa melanjutkan kebidikan / shoot berikutnya.

Pada pasca produksi, sutradara duduk dengan editor untuk melakukan edit film agar sesuai dengan keinginan sutradara. Dia bekerja dengan komposer dan direktur musik untuk membuat skor dan soundtrack yang mendukung cerita. Dan akhirnya, setelah berbulan-bulan atau tahun bekerja, sutradara memiliki film yang siap dinikmati.

Untuk berhasil sebagai sutradara membutuhkan ketekunan visi dan kemampuan untuk berkolaborasi dengan tim yang luas untuk membawa visi yang lebih hidup. Mereka juga perlu memiliki pemahaman yang mendalam tentang sejarah film dan teknik. Sutradara pemula biasanya dimulai dengan proyek independen, kadang-kadang sebagai bagian dari program film sekolah.

Tenaga Kerja untuk produser dan sutradara secara bersama-sama, sehingga gaji tahunan rata-rata sutradara film tahun 2010 mencapai $ 109.860.

10. Producer

Salah satu karir paling samar dan unik di Hollywood, produser bisa menjadi penulis, seorang investor, seseorang yang punya ide, manajer atau semua hal di atas. Dalam film, produser kepala disebut produser eksekutif dan bertanggung jawab untuk setiap tahap dan setiap pembuatan film: pra-produksi, produksi dan pasca produksi.

Dalam pra-produksi, produser membaca skrip dan mendengar ide-ide dari penulis, sutradara dan agen. Setelah memilih ide, produsen harus mengumpulkan uang untuk mendanai proyek tersebut. Salah satu rute adalah untuk mendapatkan dukungan dari studio film besar. Cara lain adalah secara independen dan mencari dana dari investor individu.

Sekarang produser harus menyewa seorang penulis skenario, sutradara, staf produksi, casting director, art director, kamera dan kru pencahayaan dan editor.

Sudah menjadi tugas produsen untuk memastikan bahwa proyek tetap dalam anggaran seluruh produksi dan pasca produksi. Seorang produser yang baik tidak hanya membuat film yang baik, tetapi membuat uang untuk investor.

Seperti sebagian besar pekerjaan di industri film, produser bekerja dengan cara mereka ke atas. Anda mungkin mulai sebagai asisten produksi atau pembaca naskah, belajar bagaimana untuk menemukan ide yang baik dan bagaimana membawanya ke hasil yang baik. Atau Anda hanya bisa melompat lebih jauh lagi yaitu dengan cara belajar trial and error, mulai dari anggaran kecil hingga film anggaran besar (bisa dilakukan jika anda punya modal yang cukup kuat untuk menjadi seorang produser).

Menurut Statistik Tenaga Kerja Tahun 2010, gaji tahunan rata-rata untuk produser film adalah $ 109.860. Untuk 15.430 produser dan sutradara yang bekerja di daerah Los Angeles, bisa mencapai angka $ 138.640. Ingat, meskipun, bahwa produsen jarang bekerja pada gaji. Kebanyakan mengambil potongan dari penghasilan film di box office domestik dan asing, penjualan DVD, kontrak video streaming, dan banyak lagi.


sumber

Posted on 29/03/2012, in Unik Aneh and tagged , , , , , . Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: