Sudah Benarkah Cara Anda Memperlakukan Buku?

Buku selayaknya bisa digunakan dan dinikmati selama bertahun-tahun. Buku bukanlah barang murah, terutama jika memiliki nilai-nilai yang sangat berharga seperti catatan sejarah, maupun ilmu pengetahuan yang berguna dan aktual. Tetapi, tanpa disadari, ada sebagian orang yang menggunakan buku sebatas hanya untuk menghias suatu ruangan dengan memajang buku-buku tersebut di dalam rak. Nah, sudah benarkah cara Anda memperlakukan buku selama ini? Apa yang akan diungkapkan selanjutnya, mungkin bisa membantu Anda untuk mengetahui bagaimana seharusnya memperlakukan buku-buku yang ada!

Memperlakukan buku secara baik akan sangat berguna jika Anda ingin menjaga rak buku terlihat nampak lebih baik atau merawat buku selalu dalam kondisi baik agar ketika ada keinginan untuk menjualnya, buku tetap dalam kondisi yang cukup baik. Perlakuan yang baik juga bisa “memperpanjang umur” buku, lho!

Membuka buku

Saat anda ingin membuka buku, sebaiknya letakkan buku di atas meja dan pastikan tangan Anda bersih. Jangan pernah menyentuh buku dengan noda yang masih tersisa di tangan Anda. Pastikan juga tidak ada cairan di dekatnya, seperti sisa kopi atau zat cair lainnya. Saat ingin digunakan pertama kali, buka buku secara perlahan, letakkan sampul (cover) bagian depan sejajar dengan permukaan meja, lalu angkat tubuh buku sampai tegak. Ulangi juga untuk sampul bagian belakang.

Selanjutnya, ambil sebagian halaman secara berhati-hati, lalu buka, tegakkan dan jauhkan dari tubuh buku. Jaga sebagian besar halaman lainnya agar tegak lurus dengan permukaan meja. Tekan sedikit-demi sedikit halaman yang terbuka sampai pada sebagian besar halaman yang ditegakkan dan lakukan itu beberapa kali. Setelah mengambil dan menekan sebagian halaman dari buku bagian depan kemudian lakukan juga hal yang sama pada beberapa halaman dari buku bagian belakang.

Tips di atas ibarat pemanasan sebelum melakukan kegiatan. Setelah itu, walau buku akan nampak sedikit lebih kusut, tetapi buku Anda telah siap untuk digunakan seperti biasa.

Mengambil buku

Ketika ingin mengambil buku, pastikan untuk mengambil buku dengan memegang bagian tengahnya. Jangan menarik buku dari bagian atasnya. Jika dilakukan terus menerus, secara perlahan itu akan merusak buku. Selain itu, jangan meletakkan buku-buku begitu erat (padat) sehingga menjadi sulit ketika ingin mengambilnya. Berikanlah sedikit ruang, sehingga saat Anda mendapatkan pegangan yang lebih sebelum menariknya keluar.

Cara menyimpan buku

Pertama, letakkan buku sesuai dengan keperluannya. Sebagai contoh, beberapa perpustakaan hanya memajang buku-buku populer atau modern. Buku yang tergolong langka diletakkan dalam lemari-lemari khusus.
Kedua ,letakkan buku-buku di daerah kering dan tidak lembab serta jauhkan dari akses umum.
Ketiga, bersihkan buku secara teratur agar tidak berdebu dan menjadi sarang serangga yang dapat merusak buku.

Merawat saat menggunakan

Untuk jenis buku yang halamannya dari kiri ke kanan, peganglah buku di tangan kiri dan buka halaman dengan tangan kanan. Buka halaman di bagian bawah dengan tangan kanan. Yang harus diingat adalah, jangan menandai halaman buku dengan melipat sudut bagian atas. Sebaliknya gunakan pembatas untuk menandai halaman baca anda.

 

Tips Merawat Buku

1. Pastikan tempat buku tidak lembab dan memiliki sirkulasi udara yang memadai. Untuk mendapatkan udara yang cukup, tempat buku harus memiliki jendela atau lubang keluar-masuk udara secara cukup.

2. Usahakan letak buku tidak berdekatan dengan lantai. Artinya tempat buku jangan di bagian paling bawah lemari. Pilihlah tempat yang memungkinkan buku enak dilihat dan mudah dijangkau. Pilihan bisa di bagian tengah atau atas.

3. Posisi buku sebaiknya berdiri dan berjajar ke samping. Posisi ini memungkinkan udara masuk ke sela-sela buku lewat celah lembaran. Jika posisi buku bertumpuk dikhawatirkan udara tidak bisa masuk dan mempercepat kelembaban.

4. Taburlah kamper di sela-sela buku atau di pojok-pojok lemari. Fungsi kamper untuk mengusir ngengat dan mengurangi bau tak sedap.

5. Lakukan rotasi posisi buku setiap dua pekan sekali. Jika memungkinkan keluarkanlah buku-buku dari lemari dan letakan selama sehari di luar lemari. Bisa di atas meja atau di ruang terbuka yang tidak lembab.

6. Tak ada salahnya memberi lampu khusus dalam lemari buku hingga buku mendapat cahaya yang cukup. Sinar lampu menghambat ngengat masuk ke sela-sela buku.

7. Cara paling aman adalah membungkus buku dalam kemasan plastik dan ditaburi kamper.

8. Khusus buku langka berusia di atas 100 tahun yang lengket antar satu halaman dengan halaman lain tidak perlu dipaksa memisahkannya. Ada cara tersendiri. Rendamlah kertas yang lengket itu ke dalam air selama setengah jam. Lalu angkat dan angin-anginkan di tempat sejuk. Jangan sekali-kali menjemur di bawah terik matahari agar kertas tidak bergelombang setelah kering.

 

sumber

 


Posted on 02/04/2012, in Unik Aneh and tagged , , , , , . Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: